Sabtu, 09 Januari 2016
6 Tren Teknologi Paling Berpengaruh di 2016
Jakarta - Inilah saatnya kita melihat ke depan untuk menentukan tren teknologi apa yang paling berpengaruh di tahun 2016. Menurut pandangan saya, analisis data dan kehidupan digital kita akan semakin mengubah dunia dan cara berbisnis.
Berikut adalah beberapa hal yang saya rasa akan berperan penting selama tahun 2016:
1. Bisnis digital menarik perhatian eksekutif perusahaan
Eksekutif tingkat atas perusahaan semakin memahami nilai dari bisnis digital dan data yang dihasilkannya, namun mereka belum membawa eksekutif baru secara permanen ke dalam tim untuk menjalankan agenda digital di seluruh perusahaan mereka. Hal ini akan berubah.
Chief Digital Officer akan ditunjuk dan ditugaskan untuk memanfaatkan teknologi terbaru dan terbaik agar menghasilkan produk yang lebih pintar dan menciptakan pengalaman layanan tanpa gangguan untuk para pelanggan.
Data adalah aliran digital baru yang ditinggalkan kemampuan baru ini dan data tersebut butuh untuk dianalisa dan dimanfaatkan untuk keuntungan yang kompetitif. Ini bukan sebuah fenomena industri teknologi – ini merupakan fenomena bagi setiap industri.
Walaupun eksekutif tingkat atas mengetahui ini baik untuk mereka, mereka masih membahas keputusan mengenai susunan organisasi, tugas dan perdebatan tentang siapa yang akan bertugas. Haruskah Chief Digital Officer melapor ke CEO, Chief Marketing Officer (CMO) atau Chief Information Officer (CIO)?
2. Wearable memenangkan emas di Olimpiade
Sensor perangkat siap pakai akan membawa era baru yang dapat mengatasi beberapa rintangan untuk beberapa cabang olah raga.
Para perenang sudah mengandalkan kamera underwater untuk menganalisa gerakan renang, namun kamera tersebut memberikan pandangan yang terbatas. Sensor-sensor baru yang dikembangkan untuk olah raga renang hanyalah salah satu contoh bagaimana tahun 2016 akan menjadi tahun inovasi bagi para atlet untuk menggunakan analisa data dalam menampilkan performa terbaik.
Perusahaan seperti Nike – yang menyebut data sebagai 'suara baru dari atlet’ -- akan membantu para atlet untuk tampil cemerlang saat mereka memanfaatkan data untuk inovasi, yang akan ditampilkan dan digunakan di belakang layar di pertandingan Olimpiade yang belum pernah ada sebelumnya.
Kita akan melihat sensor yang terintegrasi dengan perangkat siap pakai untuk menilai para atlet di seluruh aspek -- dari pola diet dan tidur hingga gaya berlari dan posisi tubuh terbaik -- sehingga membantu para atlet untuk mengetahui kemampuan fisik terbaik mereka. Tetapi
Usain Bolt, pelari profesional asal Jamaika, tidak akan menggunakan gelang pintar Fitbit saat dia bertanding; untuk memberikan dampak optimal, perangkat siap pakai akan disesuaikan dengan kebutuhan setiap atlet.
3. Perangkat siap pakai vs pengobatan personal
Walaupun Jawbones dan Fitbit menjadi pembicaraan hangat, perangkat siap pakai tidak akan memberi pengaruh besar dalam kesehatan personal tahun 2016.
Bagi perangkat siap pakai untuk mewujudkan janji akan pengobatan personal, para tenaga kesehatan profesional akan membutuhkan akses langsung ke data yang mereka hasilkan mengenai pasiennya sehingga waktu tidak terbuang percuma ketika tanda peringatan awal muncul.
Akankah pembuat perangkat dan tenaga kesehatan terkoneksi untuk membangun back-end yang diperlukan? Akankah para konsumen mengijinkan akses berkelanjutan ke data biometrik mereka? Menurut pandangan saya, budaya adalah halangan terbesar dibandingkan teknologi, namun tidak satupun akan diatasi untuk mewujudkan pengobatan personal tahun 2016.
4. Dark web
Di 2015, budaya pop menjadi kisah dari dark web -- lorong gelap digital dimana para kriminal menjual barang ilegal mereka dan terkadang menawarkan pembunuh bayaran.
Berbicara secara digital, dark web adalah dark web karena web ini tidak terdaftar di mesin pencarian (search engine). Namun ini akan berubah -- bukan berubah agar dapat dicari oleh saya atau Anda (web ini akan tetap tersembunyi) -- tapi dark web akan mulai berubah menjadi alat untuk orang baik.
Kontradiktif? Saya akan jelaskan: Saat ini hampir semua perusahaan memahami bahwa pelanggaran keamanan bukan lagi mengenai ‘jika’, tetapi ‘kapan’. Dengan diterimanya ini, perusahaan akan menggunakan teknologi untuk meminimalisir risiko.
Bagaimana caranya? Dengan mencari data di tempat data disimpan setelah data tersebut dicuri, yaitu di dark web. Alat berbasis software untuk menemukan dark web sebagai cara untuk mengidentifikasi informasi yang dicuri akan disebarkan di 2016.
Nantinya, penggunaan alat ini akan mengurangi jumlah waktu pelanggaran keamanan yang terakhir, sementara data yang dicuri akan menjadi semakin cepat ditemukan. Dengan melakukan hal tersebut, perusahaan akan mengambil langkah perbaikan secara lebih cepat untuk memproteksi para pelanggan dari yang mereka bisa lakukan saat ini -- semuanya dengan menggunakan dark web.
5. VR akan membawa pertandingan ke ruang keluarga
Sudahkah Anda membeli perangkat virtual reality untuk disambungkan ke smartphone, tapi siapa yang melakukan itu? Tidak seorang pun, mungkin beberapa dari kalian. Tapi bukan ini intinya. Namun ini adalah inovasi di teknologi virtual dan augmented reality akan berkembang cepat dengan hiburan sebagai pembuka jalan.
Bayangkan Anda pergi ke konser musik rock dimana Anda berada di barisan depan panggung dan akses ke backstage – tanpa meninggalkan ruang keluarga.
Dipimpin oleh Facebook yang memperkenalkan Rift, para konsumen akan mendapatkan VR berkualitas tinggi dalam genggaman. Kompetisi olah raga dan hiburan – dengan mengubah 80.000 kursi di stadion menjadi 800.000 kursi – akan berusaha untuk berubah secara digital untuk memanfaatkan VR agar dapat lebih maju.
Tim olah raga dan penyelenggara tur akan menawarkan serangkaian pengalaman menakjubkan untuk pertama kalinya – tampilan 360 derajat dari dalam kokpit F1, barisan kursi depan konser musik U2 – yang dapat Anda rasakan sepenuhnya tanpa beranjak dari sofa, kecuali bila Anda ingin menari atau bersiap untuk dentuman.
Sementara saya masih berpikir VR Live streaming akan membutuhkan lebih banyak waktu dalam penawaran di tahun 2016, penawaran pertama ini akan membuat orang terpikat. Akan ada banyak keuntungan. Ini adalah peluang bernilai USD 4,5 milliar untuk olah raga dan hiburan dan ini adalah cara untuk orang-orang berhemat dengan tidak mengeluarkan USD 15 untuk membeli hot dog dan biaya parkir USD 100.
6. Software mengalahkan mobil
Selama beberapa tahun, saya berbicara mengenai tenaga listrik bukanlah inovasi baru yang paling menarik dalam dunia otomotif – tetapi software, khususnya otomatisasi melalui software.
Negara maju produsen mobil seperti Jerman dan Jepang bersaing mencari inovasi baru yang belum pernah dilihat sebelumnya – bersaing dalam inovasi otomatif seperti yang telah dilakukan Apple dalam industri ponsel.
Menghabiskan waktu mencoba fitur ‘Autopilot’ terbaru dari Tesla saat saya berkendara dari down highway 101 menuju Carmel, saya merasa lebih yakin dari sebelumnya bahwa setiap mobil akan memiliki fitur yang sama – dan laju kendaraan akan bertambah secara cepat di tahun 2016.
Dan saya tidak hanya berbicara tentang mobil berkemudi otomatis (self-driving car), tetapi mobil yang dapat terkoneksi dengan WiFi Anda ketika anda memasukkan mobil ke garasi Anda, mobil yang ter-update dengan fitur baru secara terus menerus, mobil yang menjadi lebih pintar mengenai Anda setiap saat Anda mengendarainya, mobil yang memprediksi keperluan Anda sebelum Anda perintahkan.
Semua fitur canggih ini digerakkan oleh software dan analisa data yang dikumpulkan software. Dalam 10 tahun mendatang, setengah dari produsen mobil yang kita ketahui akan hilang – dikalahkan oleh software.
*) Penulis, Jeremy Burton merupakan EMC II President, Product and Marketing.
Sumber : detik.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar